Translate

Setting your Brand to be number one

Wednesday, January 9, 2013

Brand Tahayul

Jakarta, 10/12012


Pagi ini saya dapat insight yang sangat bagus mengenai Brand Tahayul oleh Mas Agung Silih Wasesa pemerhati, pelaku dan pengamat branding. Dalam sebuah talkshownya di Radio Smart FM pagi ini beliau mengemukakan tema tentang "Brand Tahayul", apa itu Brand Tahayul? beliau menjelaskan contoh yang sederhana mengenai Brand Tahayul yaitu ketika kita mendengar nama vitamin C maka warna apa yang terlintas dalam benak kita. Kebanyakan kita pasti akan mengasosiasikan Vitamin C dengan warna kuning  dan tentunya dengan buah Jeruk kenapa, karena saat ini buah jeruk dan warna kuning sangat identik dengan vitamin C.

Apakah anda tahu bahwa warna vitamin C adalah putih? memang tidak disalahkan juga jika warna kuning identik dengan vitamin C karena memang kebanyakan buah yang berwarna kuning banyak mengandung vitamin C. Ada sebuah produk vitamin C yang mencoba merubah image ini dengan mengganti brand warna vitamin C nya menjadi warna putih dan alhasil produk tersebut gagal dipasaran, bagaimana menurut pendapat anda?

Warna identik kuning dengan vitamin C sebetulnya merupakan brand colour yang diciptakan oleh sebuah perusahaan agrobisnis di Amerika dimana pada saat itu mereka over produksi sedangkan regulasi di Amerika tidak memperbolehkan sebuah produk yang over produksi di buang sehingga mau tidak mau mereka harus memasarkan buah jeruk itu dan akhirnya ekspansi keluar negeri lah yang dilakukan dan dengan branding bahwa buah jeruk banyak mengandung vitamin C yang bagus buat kesehatan. Al hasil sampai sekarang warna kuning adalah brand colour dari vitamin C alias jeruk.

Apakah ada contoh lain dari Brand Tahayul di Indonesia, seperti yang dilakukan oleh Aqua bahwa mengkonsumsi air putih yang sehat dan tidak terkontaminasi oleh bakteri adalah sangat baik buat kesehatan sehingga sampai saat ini dengan brand campaign yang mereka lakukan sangat berhasil, walaupun banyak produk pesaing yang sejenis dan jumlahnya banyak namun sangat sulit merubah brand image bahwa aqua adalah yang terbaik. Bagaimana brand tahayul dengan kasus ini, tahayulnya adalah masyarakat sudah sangat percaya dengan kualitas dari aqua sehingga walaupun ada produk yang lebih murah dan kualitas sama namun ternyata keyakinan mereka tidaklah berubah, ini yang disebut brand tahayul menurut versi saya.

Contoh yang lain adalah Apple, bagaimana dengan Iphone 5 nya mereka bisa menghipnotis konsumer untuk buruan mengganti ponselnya dengan Iphone 5 walaupun harganya selangit dan feturenya pun BETI alias beda tipis dengan smartphone yang lain. Karena dengan campaign mereka jika anda adalah orang yang pertama, berbeda dan pengguna apple maka anda adalah orang yang dikatakan kreatif, inovatif dan different serta tentunya uangnya banyak.

Bagaimana dengan keyakinan yang salah kaprah dimasyarakat, yang paling umum adalah sabun atau pasta gigi. Keyakinan dimasyarakat jika memakai sabun atau gosok gigi ya harus berbusa, padahal busa tersebut adalah bahan pengikat dari inti sabun tersebut yang fungsingya sebagai pembersih sehingga busa hanyalah aksesories saja. Namun pernah suatu produk launch sebuah sabun dan pasta gigi yang tidak berbusa dan sudah dapat ditebak bahwa produk itu tidak laku....

Apakah brand tahayul itu penting, saat ini tentunya bagaimana sebuah perusahaan menciptakan brand image dan awareness yang smart sehingga dengan campaign tersebut orang tidak hanya membeli fungsi dari produk tersebut namun juga believe dan confident.

Mari kita ciptakan brand tahyul terhadap produk kita, diri kita maupun lingkungan kita dengan tahayul yang positif. Apakah ada tahayul yang negatif? saya berikan suatu contoh bahwa di sebuah kota di Jawa tengah kebiasaan masyarakatnya masih membuang sampah sembarangan teruma di pojok-pojok atau dibawah pohon yang rindang walaupun sudah diberi tulisan "DIILARANG BUANG SAMPAH DISINI" atau "DILARANG KENCING KECUALI ANJING" namun tetap saja larangan itu tidak berguna.

Sehingga ada ide yang cukup kreatif yaitu mengganti tulisan tersebut dengan sesaji yang ditaruh pada suatu tempat dan lengkap dengan bunga-bunganya, hasilnya sangat efektif bahwa setelah sesajen tersebut diletakkan tidak ada orang yang berani buang sampah dan kencing sembarangan lagi. Ini adalah salah satu Brand atau Image Tahayul yang diciptakan untu mempengaruhi dari masyarakat atau konsumer...

Bagaimana menurut pendapat anda, apakah ada share mengenai brand tahayul yang pernah anda alami, silahkan kasih comment ya....

Salam

Arif Hudiyono


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More